Sugeng rawuh..

Sugeng rawuh kawand,,
Sumonggo dipun waos kanti rampung lan sumonggo dipun pituturi sak sirane ati.. Mugi saged nambahi ilmu lan ibadah kagem poro panjenengan sedanten..

Minggu, 01 Agustus 2010

Asyikknya Drumband..


Drumband, mendengar kata tersebut yang terlintas adalah permainan perkusi yang dimainkan oleh beberapa orang dengan memadukan ritmis melodi dan ritmis perkusi. Biasa kita jumpai di lingkungan kemiliteran pada saat upacara tertentu.
Tapi sekarang kita dapat menjumpainya tidak hanya dilingkungan kemiliteran kawand, dari taman kanak kanak sampai taman kawak kawak gemar melakukan kegiatan drumband.. Di kota jogja sendiri sering diselenggarakan parade bahkan  perlombaan drumband dan juga marchingband, kawand tentu pernah menjumpainya bukan..
         Sebagian besar sekolah Taman Kanak kanak sudah mulai menjadikan drumband sebagai ekstrakulikuler, selain mengajarkan disiplin kepada anak, drumband juga sangat membantu untuk mengembangkan syaraf motorik pada anak. Meski terlihat rumit bagi anak tapi banyak anak yang mengaku senang dan sangat menikmati ekstra drumband di sekolahnya. Pernah ikut drumband kawand? Pernah mengajarkan drumband pada adikmu kawand??Waoow.. bagaimana mengajarkannya!! apalagi bagi yang punya adik usia balita.. bagaimana ya?? Atau kawand sudah pernah membayangkan mengajarkan drumband di sekolah taman kanak kanak?? Mungkin yang terbayangkan, kita akan dipusingkan dengan tingkah anak usia balita yang aktif, yang beginilah, yang begitulah, harus sabar,harus lucu agar anak tertarik,harus menggunakan bahasa yang dimengerti anak,harus bla bla bla dsb. Susah kawand?? hee..Sebenarnya tidak serumit yang kita bayangkan kawand, kalau kita belum mencoba segala sesuatunya  akan nampak sulit..
        Drumband, salah satu kegiatan untuk membantu mengembangkan syaraf motorik pada anak. agar hasil kita memuaskan dalam mengajarkan kegiatan drumband ini tidak hanya di butuhkan kesabaran tetapi kita juga butuh ketekunan dalam memahami kemampuan masing masing anak.. jadi modal utama yang kita butuhkan tidak hanya materi namun kecintaan kita terhadap dunia anak juga harus kita miliki.. memahami anak tidaklah sesulit memahami pacar anda kawand, trush me..
     Ketika kita sudah memahami dunia mereka, mengerti, melihat seberapa kemampuan mereka, dan memberikan sesuatu dari diri kita yang menarik bagi mereka, kita akan sangat mudah dalam memberikan materi kepada mereka.. dalam menyampaikan materi kita harus memperhatikan bahasa kita kawand,, gunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti oleh anak. Dan yang harus kita ketahui, tingkat konsentrasi anak tidaklah begitu lama, hanya beberapa menit saja. Jadi, kita harus benar benar memanfaatkan waktu yang sedikit itu untuk memberikan materi hingga anak dapat menerimanya dan mengerti apa yang dimaksudkan kita kawand.. menambahkan materi janganlah terburu buru kawand, kita harus sering mengulang materi materi sebelumnya karena anak sering cepat lupa.. Sesekali beri waktu untuk anak memprektekan materi, selain untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak juga untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Setelah semua materi kita sampaikan, ajak anak anak tampil di tempat umum atau bahkan kita ikutkan diperlombaan, hal ini berguna untuk lebih menguatkan lagi rasa percaya diri anak dan juga untuk evaluasi materi yang kita punya..
         Dalam halaman ini aku ingin berbagi cerita saat pertama aku belajar drumband dengan anak anak. Awalnya sama seperti yang kawand bayangkan.. yang ada dalam pikiran aku saat itu adalah, bagaimana aku bisa memberikan materi drumband yang sulit bagi anak anak ini?  Beruntung rasa kecintaan terhadap dunia anak membuat aku optimis, aku pasti bisa.. saat itu aku masih buta apa itu drumband, aku belajar dari teman teman yang sudah mempelajarinya jauh sebelum aku menganal mereka.. dikit demi sedikit aku mulai belajar mengembangkannya sendiri. alhasil, aku dapat melawan ketidak percayaan diriku bahkan aku mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.. Ditahun pertamaku aku, sekolah yang aku bina mendapatkan juara I Paramandi dan juara III untuk kelasement dasar pada kejuaraan tingkat TK se- DIY yang di selenggarakan salah satu sanggar drumband di kota jogja.. So, kenapa harus takut untuk mencoba sesuatu yang baru kawand.. 
      Semua yang aku dapat itu diluar dugaanku kawand.. Meski tidak seberapa, tapi aku percaya itu semua adalah hasil dari sebuah usaha keras dan mau belajar dengan sungguh sungguh.. bagaimana dengan kamu kawand??gbu..

2 komentar:

  1. salam kenal dari timur, semoga gak bosan menulis ya.

    seru karena saru, saru karena seru

    BalasHapus
  2. ora iso mbayangke nek cah2 cilik diajarke dirimu boss...

    BalasHapus